Menghasilkan Uang Dari Menulis Bermodal Kreatifitas

Jika Anda hobi menulis dan juga telah lama berkecimpung sebagai bloger, maka mimpi menghasilkan uang dari dunia tulis menulis setidaknya terbersit dalam hati. Mulai dengan ingin menjadi penulis buku atau minimal ingin bisa punya satu buku yang bisa dihasilkan seumur hidup dan bisa menjadi best seller.Namun jalan menuju kesana tidaklah mudah, bisa menulis tidak berarti bisa menjadi seorang penulis buku. Tidak sedikit penulis buku yang saat ini bukunya telah menjadi best seller mengalami puluhan kali bahkan ratusan kali penolakan dari penerbit.
Jika Anda tahu, buku "Chicken Soup for The Soul" yang beberapa tahun lalu menjadi best seller ternyata pernah ditolak penerbit 140 kali, novel "Gone With The Wind" karya Margaret Mitchell pernah ditolak penerbit 18 kali, dan novel pertama Stephen King ditolak 30 kali.
Tentu saja penolakan ini sangat menyakitkan bagi para penulis, karena hal tersebut artinya memandang rendah karyanya. 
Namun apakah untuk menghasilkan uang dari menulis cuma dengan membuat buku dan menawarkannya kepada penerbit? Ternyata tidak loh. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika ingin menghasilkan uang dari tulis menulis, terutama di dunia online saat ini. Berikut adalah beberapa ide yang bisa menjadi pemikiran Anda :
1. Penulis blog
Menghasilkan uang melalui blog bukanlah mimpi yang muluk-muluk, kuncinya adalah bagaimana Anda bisa menarik visitor yang cukup besar sehingga bisa mendulang uang dari iklan seperti Google Adsense ataupun iklan reveral lainnya. Bahkan jika Anda cukup berani, Anda bisa memasarkan space iklan di blog atau web Anda sendiri loh.
Dalam hal ini Anda perlu kreatif dalam memilih niche keyword untuk nama blog atau web Anda, pastikan nama dan isi berhubungan sehingga bisa memperkuat SEO web Anda. 
2.  Membuat ebook
Jika selama ini penulis begitu sulit untuk bisa menembus penerbit konfensional, saat ini banyak alternatif bagi para penulis untuk berkarya dan juga menghasilkan uang, salah satunya adalah dengan mulai trend-nya ebook. Selain bisa dengan self publishing dan tidak bergantung kepada penerbit besar, Anda juga bisa hemat biaya karena untuk menghasilkan ebook Anda tidak butuh biaya besar. Untuk pemasarannya, saat ini juga sudah menjamur berbagai toko buku online, bahkan juga bisa dijual melalui Amazon, iTunes bahkan Google Play selain juga tentu bisa Anda jual secara langsung melalui web dan berbagai forum atau grup. 
3. Menjadi freelance writer/penulis lepas
Kesempatan untuk menjadi freelance writer atau penulis lepas saat ini terbuka lebar, bukan hanya untuk web-web atau media dalam negeri, jika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, maka kesempatan menghasilkan dolar terbuka lebar melalui berbagai website yang mempertemukan antara pemberi kerja dan pencari kerja. 
Ini baru sebagian kecil ide untuk menghasilkan uang dari menulis ya, masih banyak hal lain, mulai dari menjadi copy writer, script writer, penulis cerpen, pembuat kata-kata motivasi atau quotes dan masih banyak hal lainnya.Saya sendiri saat ini hidup dari menulis loh, selain menjadi penulis sekaligus pemimpin redaksi di sebuah portal online juga memiliki beberapa blog pribadi. 
Jadi sebagai penulis, jangan cepat putus asa ya. Jangan berhenti karena sebuah penolakan. Sudah banyak bukti penulis yang akhirnya sukses bermula dari hal-hal yang sebelumnya tidak dianggap seperti blog, twitter atau facebook-an, bahkan kemudian karyanya diterbitkan oleh penerbit mainstream. Anda punya pengalaman unik tentang hal ini? Yuk berbagi disini. 

Comments