Bisnis Boleh di Berbagai Industri, Asal Terus Berkembang

Jakarta -Mengelola bisnis supaya sukses tak hanya harus fokus, tapi juga harus tumbuh. Pertumbuhan ini bisa dilakukan melalui berbagai cara.

Menurut mantan Wakil Presiden yang juga pengusaha nasional Jusuf Kalla (JK), memiliki bisnis di berbagai lini industri bukan berarti tidak fokus. Selama bisnis tersebut bisa tumbuh dengan baik, maka bisnis tersebut bisa sukses.


"Itu tidak apa-apa. Kita punya bisnis di berbagai sektor tidak apa-apa selama bisnisnya tumbuh terus, ini yang penting," kata JK dalam acara d'Preneur di Menara Bank Mega, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2013).

Ia memberi contoh, pengusaha nasional Ciputra selama ini terkenal fokus di properti, tapi jika dilihat lebih dekat bisnis propertinya tersebut juga terbagi lagi menjadi hotel, apartemen, rumah tapak dan lain-lain.

"Tidak apa-apa selama masih terus tumbuh," ujarnya.

Selain itu, kata JK, pengusaha nasional lainnya Chairul Tanjung (CT) juga sudah biasa merambah sektor-sektor baru di lini industri yang berbeda. Menurutnya, CT juga sudah fokus karena bisnisnya sudah terus berkembang.


(ang/rrd - Detik.com)

Comments